1.19.2014

SANSEVIERIA: Si Hijau Penghisap Racun

Tanaman hijau yang memiliki sekitar 70 spesies ini cukup dikenal di berbagai daerah & negara, bahkan ia memiliki beragam nama sebutan yang berbeda - beda,  dalam bahasa Inggris misalnya, Snake Plant, Devil's Tongue, Bow String Hemp, Century Plant, Lucky Plant, Snakeskin Plant, African Devils, dalam bahasa Jerman disebut Bogenhanf. Bahkan di Perancis pun tanaman ini dikenal, yaitu dengan nama Chanvre d'Arique, sedangkan dalam bahasa China dikenal sebagai Pak Lan, Sweet Mei Lan, Ylang Ylang. Di Indonesia sendiri ia dikenal sebagai Lidah Mertua, Tanaman Ular Pedang - Pedangan, Lidah Jin.

Sansevieria Trifasciata Bantel's Green "mutation"

• Sansevieria mampu menyerap dan mengolah polutan menjadi asam organik & beberapa senyawa asam amino

• Sansevieria bisa berfungsi sebagai "Air Freshner" (anti polutan) dan mampu menyerap asap rokok & meredam bau. Sehingga bagus diletakkan di dalam ruangan, baik di rumah, sekolah, kantor, dll.

Sansevieria Canaliculata

• Sansevieria mampu menyerap 107 jenis unsur berbahaya, serta menyerap radiasi berbagai barang elektronik (komputer, televisi, dll). (Berdasarkan hasil penelitian badan antariksa Amerika Serikat -NASA-)

Sansevieria Trifasciata Futura Pv Tiger Stripe Metallica

• Sehelai daun sansevieria mampu menyerap "Formaldehid" sebanyak 0.983Mg/jam.


• Sansevieria dapat digunakan sebagai obat diabetes & ambeien/wasir ("S.Trifasciata Lorenti")

Sansevieria Aethiopica

• Ruangan seluas 100m persegi hanya memerlukan Sansevieria dewasa 4-5 helai saja. (Untuk bisa melakukan fungsi - fungsi di atas) (Hasil penelitian Wolverton Environmental).

Sansevieria Silver Hahnii Marginata


Sumber: Komunitas Sansevieria Surabaya
Foto: koleksi Mrs. Leonita Santosa

Sansevieria Bagayomensis

Sansevieria Golden Hahnii


*****

No comments:

Post a Comment