WE ALL NEED RELATIONSHIP IN OUR LIVES!
Survei di seluruh dunia secara konsisten memperlihatkan 3 hal yang paling diinginkan manusia:
3. Healthy2. Money
1. RELATIONSHIP!
Our RELATIONSHIP determine our SUCCESS
Hubungan menentukan kesuksesan kita.
Hubungan dapat menjadi: sumber KEBAHAGIAAN yang besar atau KESENGSARAAN.
Sebuah hubungan juga dapat menyebabkan kita: merasa SANGAT BERHARGA atau merasa SANGAT KACAU.
Our RELATIONSHIP determine our CHARACTERS
Hubungan menentukan karakter kita.
Buku2 yang berkaitan dengan manajemen dan kesuksesan sering mengatakan bahwa keahlian utama yang perlu dimiliki seorang eksekutif adalah:
Kemampuan untuk dapat bergaul dengan orang (lain).
Our RELATIONSHIP determine our FUTURE
Hubungan mengembangkan masa depan kita.
Menjadi seperti apa sih.. kita di masa depan?
Secara garis besar ditentukan oleh 2hal:
1. Pemikiran2 yang kita ijinkan masuk ke dalam pikiran kita.
2. Orang2 yang bergaul dengan kita.
PERGAULAN YANG BURUK, MERUSAK KARAKTER YANG BAIK.
Esensi dari sebuah hubungan yang baik adalah: KASIH. Hal ini berbicara dalam tingkatan yang paling dasar, yaitu ketika kita menikmati saat2 bertemu dengan mereka.
Lebih dari sekedar sebuah perasaan, hubungan adalah sebuah PILIHAN. Sebuah hubungan tidak bekerja secara OTOMATIS. Untuk dapat menikmati sebuah Hubungan, diperlukan sebuah USAHA!
10 way you will DESTROY a RELATIONSHIP:
1. Memanipulasi orang lain2. Bercerita bohong
3. Gossip
Sebuah survei menyimpulkan, jika kita telah mengatakan sesuatu tentang seseorang kepada 7orang yang lainnya, maka orang tersebut (yang kita kata2i) akan sering mendengar hal yang kita katakan dalam kehidupannya sehari - hari.
4. MENGABAIKAN mereka di saat mereka sedang susah
5. MENOLAK mereka. Menilai mereka dari penampilannya.
6. BERTAMU di rumah seseorang tanpa mengenal waktu.
"Be friendly, but not obnoxious (irritating)"
7. Selalu berkata "AKU"
Belajarlah untuk mendengar, biarkan orang lain ikut berbicara. Hal ini juga berlaku pada perusahaan yang mau mendengarkan keluhan pelanggannya & memecahkan masalahnya. Hal ini dapat membuat pelanggan menjadi loyal, bahkan kemungkinan mereka akan menceritakan pengalamannya ke 13 orang yang berbeda. Sebaliknya, jika keluhannya tidak ditanggapi, dan masalahnya tidak terselesaikan, yang mungkin terjadi adalah pelanggan tidak akan kembali bertransaksi dengan perusahaan itu dan bahkan mungkin akan menceritakan pengalaman buruknya ke dua kali lipat jumlah orang saat ia mendapat pengalaman yang bagus.
"So don't always talk about yourself - don't interrupt others. Be -swift to hear and slow to speak- ".
8. Berjanji untuk melakukan sesuatu kepada orang lain, tetapi kemudian MENGABAIKANNYA.
9. Meminjam uang dan TIDAK MENGEMBALIKANNYA.
"If you are lending out big sums of money , make sure you write down the terms & conditions clearly".
10. MEMPERMALUKAN mereka di depan banyak orang.8 Way to a successful relationship:
1. MELAYANI satu dengan lainnya.
2. MEMBERI kepada orang lain.
3. Menunjukkan rasa TERTARIK kepada orang lain.
Artinya: tertarik dengan apa yang dicapainya, dll, dan tertarik dengan hal2 yang membuat mereka senang.
"Make everyone you meet FEEL IMPORTANT & SIGNIFICANT"
4. Berikan PUJIAN.
"Everyone of us need to eat -ego food-"
5. Berikan SEMANGAT.
6. Saling MENGHARGAI & BERSYUKUR atas kehadiran mereka.
7. SMILESmile when you meet people
Smile when you answer the phone
Smile when you stand on the stage
Smile when you write a letter
Smile when you make mistakes
Sebuah pepatah China mengatakan:
"Seseorang tanpa senyum di wajahnya, seharusnya tidak membuka toko. WHY?? Karena tidak akan ada yang mau datang, bergaul, apalagi mengenal dia"
Selain itu, ada hal2 yang perlu DIPERHATIKAN:
1.BERPERAWAKAN BAIK
Dalam hal ini maksudnya adalah penampilan yang baik, karena penampilan akan sangat berpengaruh "first impression" orang lain terhadap kita.
2. Memiliki PENGETAHUAN / WAWASAN yang lebih luas.
3. CAKAP & CEKATAN
"Details, determine density"
Details - telitiDetermine density - kemampuan untuk mengatur waktu.
4. Menguasai BAHASA
Belajar melihat situasi (peka), belajar adaptasi.
5. Memiliki sikap MELAYANI.
*****
Copyright from: Booklet Petra Career Center
No comments:
Post a Comment